Tools

Rumus Menghitung Volume Kubus – Contoh Soal & Pembahasannya

Rumus Menghitung Volume Kubus – Contoh Soal dan Penyelesaiannya | Adik-adik, Apa rumus mencari volume kubus jika diketahui rusuknya, luas alasnya, atau luas permukaan kubusnya, ada yang tau ?. Hmmm...gak tau kaka. Oke, baiklah, mari kita bahas saja materi rumus menghitung volume kubus – contoh soal & penyelesaiannya.

Rumus untuk menghitung volume kubus sebenarnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Namun sayangnya tidak semua siswa menguasai bagaimana cara menghitung volume kubus dengan benar. Nah melalui artikel ini Kak Aisyah akan membahasnya secara lengkap cara menghitung volume kubus beserta contoh soalnya.

Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan artikel ini, alangkah baiknya sobat aisyahpedia membaca "DAFTAR ISI" artikel ini terlebih dahulu untuk mengetahui garis besar materi yang akan dibahas di artikel ini. Adapun materi yang akan dibahas di artikel ini meliputi:

Daftar Isi

A. Pengetian Kubus adalah
Apa yang di maksud dengan Kubus ? Pengertian Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar atau persegi. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut.

Adapun pendapat lain mengatakan, pengertian Kubus merupakan bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang semuanya berbentuk persegi atau bujur sangkar. Keenam sisinya sebangun dan sama besar (kongruen).

Back to Content ↑

B. Unsur-unsur Kubus
Setiap bangun ruang memiliki unsur-unsur yang membangunnya, termasuk juga kubus. Adapun unsur-unsur yang dimiliki kubus adalah sebagai berikut :

1. Sisi atau Bidang
Sisi (bidang) kubus adalah bidang (sisi) yang membatasi kubus. Jika kita perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kubus memiliki 6 buah sisi yang kongruen dan semuanya berbentuk persegi.

Adapun keenam sisi kubus tersebut adalah (1) Sisi bawah (ABCD), (2) Sisi atas (EFGH), (3) Sisi depan (ABFE), (4) Sisi belakang (DCGH), (5) Sisi samping kiri (BCGF), dan (6) Sisi samping kanan (ADHE).

2. Rusuk
Rusuk kubus adalah garis potong antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka yang menyusun kubus. Kubus memiliki 12 rusuk. Adapun rusuk pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas adalah AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

3. Titik sudut
Titik sudut Kubus adalah titik pertemuan (perpotongan) antara tiga rusuk atau tiga sisi di dalam kubus. Kubus mempunyai 8 titik sudut. Adapun titik sudut pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas adalah titik sudut A, B, C, D, E, F, G, H.

4. Diagonal Sisi (Bidang)
Diagonal Sisi Kubus adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi kubus. Jika dari titik A di tarik garis lurus ke titik F atau dari titik B ke titik E, maka garis AF atau BE adalah diagonal sisi kubus ABCD.EFGH.

Kubus mempunyai 12 diagonal sisi (bidang). Adapun diagonal sisi pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas adalah AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, dan FH.

5. Diagonal Ruang
Diagonal Ruang Kubus adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan dalam suatu ruang di dalam kubus. Kubus mempunyai 4 diagonal ruang. Adapun diagonal ruang pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas adalah panjang garis BH, AG, CE, DF.

6. Bidang Diagonal
Bidang Diagonal Kubus adalah bidang yang dibatasi oleh dua rusuk dan dua diagonal bidang suatu kubus. Kubus mempunyai 6 diagonal bidang. Adapun diagonal bidang pada gambar kubus ABCD.EFGH di atas adalah bidang ACGE, BDHF, ABGH, CDEF, ADGF, BCHE.

Back to Content ↑

C. Rumus Menghitung Volume Kubus
Untuk mempermudah dalam mengerjakan contoh soal menghitung volume kubus jika diketahui rusuknya, luas alasnya, atau luas permukaan kubusnya. Berikut ini Rumus Menghitung Volume Kubus . Silahkan adik-adik perhatikan rumusnya dengan seksama :

V = s × s × s   ⟺    V = s3
Keterangan :
V = Volume Kubus
s = Sisi Kubus

Back to Content ↑

E. Contoh Soal Volume Kubus

Agar adik-adik lebih memahami dan menguasai bagaimana cara menghitung volume kubus dengan benar. Berikut ini kami berikan beberapa contoh soal menghitung volume kubus jika diketahui rusuknya, luas alasnya, atau luas permukaan kubusnya. Yuk disimak pembahasannya di bawah ini.

1. Menghitung Volume Kubus Jika Diketahui rusuknya
1.1 Pak Budi mempunyai sebuah aquarium berbentuk kubus. Panjang rusuk aquarium tersebut adalah 7 dm. Hitunglah Volume aquarium tersebut ?

PEMBAHASAN :

Buka

Diketahui :
s = 7 dm

Ditanya :
Volume = .....?

Penyelesaian :
#Menghitung Volume Kubus


Jadi, Volume aquarium tersebut adalah 343 dm3

1.2 Bak mandi di rumah Agus berbentuk kubus dengan panjang rusuknya 120 cm. Bak tersebut telah berisi 2/3 nya. Untuk memenuhi bak tersebut, Agus harus mengisinya sebanyak .... liter

PEMBAHASAN :

Buka

Diketahui :
s = 120 cm
V = berisi 2/3 nya

Ditanya :
Volume air yang diisi Agus = .....?

Penyelesaian :
#Menghitung Volume air di Bak Secara FULL
V = s × s × s
V = 120 × 120 × 120
V = 1.728.000 cm3 atau
V = 1728 liter

#Menghitung Volume bak mandi yang sudah terisi 2/3 bagian


#Menghitung Air yang harus diisi Agus
⇒ 1728 liter − 1152 liter
576 liter

Jadi, Agus harus mengisinya lagi sebanyak 576 liter agar bak mandi terisi penuh.
Back to Content ↑

2. Menghitung Volume Kubus Jika Diketahui Luas alasnya
2.1 Diketahui sebuah kubus memiliki luas alas 64 cm2. Hitunglah Volume kubus tersebut ?

PEMBAHASAN :

Buka

Diketahui :
La= 64 cm2

Ditanya :
Volume = .....?

Penyelesaian :
#Mencari Rusuk (sisi) Kubus
Alas kubus itu berbentuk persegi, maka kita gunakan rumus luas persegi untuk mencari rusuk kubus
La = s2
64 = s2

s = 8 cm

#Menghitung Volume Kubus
V = s × s × s
V = 8 × 8 × 8
V = 512 cm3

Jadi, Volume Kubus tersebut adalah 512 cm3
Back to Content ↑

3. Menghitung Volume Kubus Jika Diketahui Luas Permukaan Kubus
3.1 Sebuah aquarium berbentuk kubus luas permukaannya 15.000 cm². Hitunglah Volume aquarium tersebut?

PEMBAHASAN :
Diketahui :
Lp= 15.000 cm²

Ditanya :
Volume = .....?

Penyelesaian :
#Mencari Rusuk (sisi) Kubus
Lp = 6 × s2
s = Lp : 6
s = 15.000 : 6
s = 2500
s = 50 cm

#Menghitung Volume Aquarium
V = s × s × s
V = 50 × 50 × 50
V = 125.000 cm3 atau
V = 125 liter

Jadi, Volume aquarium tersebut adalah 125 liter

Back to Content ↑

Demikianlah pembahasan singkat cara menghitung volume kubus jika diketahui rusuknya, luas alasnya, atau luas permukaan kubusnya beserta contoh soal dan penyelesaiannya yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat aisyahpedia dalam belajar matematika khususnya pada materi bangun ruang (Kubus).

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel singkat ini yang berjudul "Rumus Menghitung Volume Kubus – Contoh Soal & Pembahasannya". Semoga informasi yang terkandung dalam tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.


Salam Sukses & Happy Learning....!!!
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan