Tools

Cara Menulis Rumus Matematika di Blog AMP HTML


Hallo sobat Aisyahpedia, Kali ini admin akan membahas tutorial "Cara Menulis Rumus Matematika di Blog AMP HTML". Nah, bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa cara menulis rumus matematika di postingan blog AMP HTML namun dengan halaman tetap valid AMP. Silahkan anda melanjutkan membaca artikel ini sampai selesai yach.

Menulis rumus matematika di blog khususnya blog AMP HTML bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika anda sebelumnya sudah terbiasa menulis rumus matematika di blog biasa dengan menggunakan LateX tentu hal ini akan sangat mudah bagi anda karena anda hanya perlu menyesuaikan diri saja.

Namun sebaliknya, jika anda belum terbiasa menulis LateX dan baru pertama kali menggunakan blog AMP HTML tentu hal ini akan sedikit menyulitkan, namun anda tak perlu risau dan khawatir berlebihan karena semua hal itu bisa dipelajari. Ingatlah pepatah lama "Bisa karena Biasa", "Keep trying and learning".

Tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut ini admin berikan panduan cara menulis rumus matematika di blog AMP HTML. Silahkan anda ikuti langkah demi langkah pada panduan tutorial di bawah ini.

# Panduan Cara Menulis Rumus Matematika di Blog AMP HTML
Untuk menulis dan menampilkan rumus matematika di postingan artikel blog AMP HTML, ada 2 tahapan proses yang harus anda lalui yaitu (1) Memasang Js AMP ke dalam Template blog dan (2) Tata cara menulis rumus matematika di postingan blog agar Valid AMP. Untuk lebih Jelasnya silahkan anda ikuti panduannya di bawah ini :

*Tahap 1 : Memasang Js AMP ke Template Blog
1. Login ke Blogger
2. Klik Tema atau Template lalu klik Edit HTML
3. Cari kode </head> untuk mempermudah pencarian tekan CTRL + F
4. Letakan kode di bawah ini tepat di atas kode </head> atau bisa juga anda pasang setelah js amp lain yang sudah ada di blog anda.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script async="async" custom-element="amp-mathml" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-mathml-0.1.js"></script>
</b:if>
5. Simpan Tema atau Template.

*Tahap 2 : Tata Cara Menulis Rumus Matematika di Postingan Artikel Blog
Bagi anda yang ingin menulis rumus matematika di blog AMP HTMLnya. Silahkan anda tuliskan kode di bawah ini, Ingat di tulisnya pada postingan mode HTML yach bukan pada mode Cosmpose. 
<amp-mathml
    layout="container"
    data-formula="\[ Rumus Matematika \]">
</amp-mathml>

# Contoh 1 :
<amp-mathml
    layout="container"
    data-formula="\[ x = {-b \pm \sqrt{b^2-4ac} \over 2a} \]">
</amp-mathml>

Hasilnya seperti di bawah ini :


Jika anda menggunakan kode di atas, maka secara otomatis rumus matematika akan muncul di tengah (center) postingan artikel blog.

Namun apabila anda ingin menampilkan rumus matematika yang telah anda tulis berada di sebelah kiri maka anda hanya perlu menambahkan inline pada kode di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat kode di bawah ini.
<amp-mathml
    layout="container"
    inline data-formula="\[ Rumus Matematika \]">
</amp-mathml>

# Contoh 2 :
<amp-mathml
    layout="container"
    inline data-formula="\[ x = {-b \pm \sqrt{b^2-4ac} \over 2a} \]">
</amp-mathml>

Hasilnya seperti di bawah ini :



Dan yang terakhir, Anda juga bisa menampilkan rumus matematika berada atau seletak dengan baris kalimat. Untuk kodenya sama seperti yang di atas (contoh 2). Agar lebih jelas silahkan lihat contohnya di bawah ini :

# Contoh 3 :
Hasil dari <amp-mathml layout="container" inline data-formula="\[ 3\sqrt{2} \times \sqrt{75} : \sqrt{54} \]"></amp-mathml> adalah .......

Hasilnya seperti di bawah ini :

Hasil dari adalah .......





Demikianlah artikel kali ini yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan tutorial di atas, dapat membantu sobat Aisyahpedia khususnya kepada anda yang ingin mengetahui seperti apa cara menulis rumus matematika di postingan blog AMP HTML namun dengan halaman tetap valid AMP .

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel singkat ini yang berjudul "Cara Menulis Rumus Matematika di Blog AMP HTML". Semoga informasi yang terkandung dalam tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Salam Sukses & Happy Learning....!!!

Sumber:
1. https://www.ampproject.org/docs/reference/components/amp-mathml
2. https://www.codecogs.com/eqnedit.php
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan